an online Instagram web viewer
  • fotomasak
    Fotomasak
    @fotomasak

Images by fotomasak

Fotomasak dari @ajeng.rani __________________________________________
19.02.2018
Bikin sate maranggi yuk!
Biasanya pake daging sapi. Tapi kalo di rumah cuma ada ayam sama tahu gimana donk? Gpp lah ya, jadinya sate maranggi ekonomis 😄
.
Sate Maranggi Ekonomis
#satemaranggi_ajengrani
.
Bahan:
200 gr dada ayam, ambil dagingnya aja, potong dadu
3 buah tahu kuning, potong dadu
.
Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1 sdt ketumbar sangrai
2 biji asam jawa
1 sdt garam (atau sesuai selera)
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm munjung gula jawa
.
Bumbu Tambahan:
1-2 sdt kecap manis
1 sdt minyak sayur
.
Bumbu Oles:
Margarin & kecap manis secukupnya
.
Pelengkap:
Timun, tomat, kubis, bawang merah, sambal cabe rawit, bawang goreng
.
Cara Membuat:
1. Campur potongan daging ayam dan bumbu halus, tambahkan kecap manis & minyak sayur. Aduk rata. Taruh di wadah tertutup rapat. Diamkan di kulkas minimal 2 jam biar meresap. Semaleman jg boleh.
2. Siapkan tusuk sate. Tusuk daging ayam selang seling dengan potongan tahu. Panggang di wajan datar anti lengket sampe matang, sambil sesekali dioles bahan olesan.
3. Sajikan dgn bahan pelengkap.
.
Hasil jadi sekitar 12-15 tusuk sate, tergantung besar kecil potongan ayam dan tahu. .
Selamat mencoba.. ❤
.
@uploadkompakan #uploadkompakan #ukalasgoniaceh #kompakerstegal #daridapurrani #berbagiresep #shareresep #satemaranggi #doyancooking #doyanmasak #fotomasak #foodphotography #foodstyling
Fotomasak dari @ajeng.rani __________________________________________ 19.02.2018 Bikin sate maranggi yuk! Biasanya pake daging sapi. Tapi kalo di rumah cuma ada ayam sama tahu gimana donk? Gpp lah ya, jadinya sate maranggi ekonomis 😄 . Sate Maranggi Ekonomis #satemaranggi_ajengrani  . Bahan: 200 gr dada ayam, ambil dagingnya aja, potong dadu 3 buah tahu kuning, potong dadu . Bumbu Halus: 2 siung bawang putih 5 butir bawang merah 1 sdt ketumbar sangrai 2 biji asam jawa 1 sdt garam (atau sesuai selera) 1/2 sdt merica bubuk 1 sdm munjung gula jawa . Bumbu Tambahan: 1-2 sdt kecap manis 1 sdt minyak sayur . Bumbu Oles: Margarin & kecap manis secukupnya . Pelengkap: Timun, tomat, kubis, bawang merah, sambal cabe rawit, bawang goreng . Cara Membuat: 1. Campur potongan daging ayam dan bumbu halus, tambahkan kecap manis & minyak sayur. Aduk rata. Taruh di wadah tertutup rapat. Diamkan di kulkas minimal 2 jam biar meresap. Semaleman jg boleh. 2. Siapkan tusuk sate. Tusuk daging ayam selang seling dengan potongan tahu. Panggang di wajan datar anti lengket sampe matang, sambil sesekali dioles bahan olesan. 3. Sajikan dgn bahan pelengkap. . Hasil jadi sekitar 12-15 tusuk sate, tergantung besar kecil potongan ayam dan tahu. . Selamat mencoba.. ❤ . @uploadkompakan #uploadkompakan  #ukalasgoniaceh  #kompakerstegal  #daridapurrani  #berbagiresep  #shareresep  #satemaranggi  #doyancooking  #doyanmasak  #fotomasak  #foodphotography  #foodstyling 
Fotomasak dari @yendaniels 
___________________________________________
Met hari minggu,,,, met makan siang,,,hari ini saya masak ikan pepes, tumis kangkung pake udang, keripikkentangkacang ditambahin kerupuk juga, kraak,,, kruuk,,,, jadinya 
Gak kyk biasanya, resep pepes hari ini gak pake sunti, pake 3 biji kemiri, 4 cabe merah, 4 bawmer, 1 bawput, jahe, kunyit dan ketumbar, lalu blender dgn ditambahi 2 sdm minyak makan
Bersihkan ikan, lumuri garam dan perasan jeruk nipis, campurkan bumbu halus, garam, rawit utuh menurut selera, irisan belimbing, irisan tomat, daun jeruk, daun kari (boleh ganti daun kemangi) dan serai, boleh tambah gula atau penyedap bila suka, trs bungkus pake daun dan kukus kira2 10_15 mnt, lalu panggang sebntar diatas pan, untuk mengeringkan airnya aja

#pepesikan #tumiskangkung #keringkentang #masakanrumahan #makanannusantara #fotomasak
Fotomasak dari @yendaniels ___________________________________________ Met hari minggu,,,, met makan siang,,,hari ini saya masak ikan pepes, tumis kangkung pake udang, keripikkentangkacang ditambahin kerupuk juga, kraak,,, kruuk,,,, jadinya Gak kyk biasanya, resep pepes hari ini gak pake sunti, pake 3 biji kemiri, 4 cabe merah, 4 bawmer, 1 bawput, jahe, kunyit dan ketumbar, lalu blender dgn ditambahi 2 sdm minyak makan Bersihkan ikan, lumuri garam dan perasan jeruk nipis, campurkan bumbu halus, garam, rawit utuh menurut selera, irisan belimbing, irisan tomat, daun jeruk, daun kari (boleh ganti daun kemangi) dan serai, boleh tambah gula atau penyedap bila suka, trs bungkus pake daun dan kukus kira2 10_15 mnt, lalu panggang sebntar diatas pan, untuk mengeringkan airnya aja #pepesikan  #tumiskangkung  #keringkentang  #masakanrumahan  #makanannusantara  #fotomasak 
Fotomasak dari @dapurbekal 
___________________________________________
Habis liburan kembali makan sayur2, supaya tetep sehat. Walaupun cuma sayuran, tp enak bangetttt. Sosis bisa diganti daging ayam/udang ya, sesuai selera aja.
.
NASI SIRAM SAYUR ala #dapurbekal
.
Bahan:
- 2siung bawang putih (cincang halus)
- 1/4buah bawang bombay (cincang)
- 2buah sosis (iris serong)
- kembang kol secukupnya
- sawi hijau secukupnya
- jamur kuping secukupnya
- 2butir telur (masak jadi scrambled egg)
- 1sdm saus tiram
- 1-2sdm kecap asin
- garam, gula, merica secukupnya
- 100-200ml air
- air maizena utk mengentalkan
- minyak goreng utk menumis
.
Cara:
1. Cuci bersih semua sayuran, sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng. Tumis baput & bombay sampai wangi.
3. Masukkan sosis, masak sampai matang.
4. Masukkan sayuran, saus tiram, kecap asin, gula, garam, merica. Aduk rata.
5. Masukkan air. Masak sampai matang. Cicipi & koreksi rasa.
6. Kalau sdh pas, kentalkan kuah dgn air maizena, lalu masukkan telur orak arik. Aduk rata.
7. Sajikan disiram diatas nasi putih.
.
.
.
#bekal #doyanmasak #resepmasakan #sukamasak #shareresep #resepyummy #yukbelajarmasak #sukamakan #idebekal #fotomasak #hobimasak #hobimasakid #berbagiresep #gengbekel #bekel #masaksendiri #masakanrumah #guniezzt #like4like #chinesefood
Fotomasak dari @dapurbekal ___________________________________________ Habis liburan kembali makan sayur2, supaya tetep sehat. Walaupun cuma sayuran, tp enak bangetttt. Sosis bisa diganti daging ayam/udang ya, sesuai selera aja. . NASI SIRAM SAYUR ala #dapurbekal  . Bahan: - 2siung bawang putih (cincang halus) - 1/4buah bawang bombay (cincang) - 2buah sosis (iris serong) - kembang kol secukupnya - sawi hijau secukupnya - jamur kuping secukupnya - 2butir telur (masak jadi scrambled egg) - 1sdm saus tiram - 1-2sdm kecap asin - garam, gula, merica secukupnya - 100-200ml air - air maizena utk mengentalkan - minyak goreng utk menumis . Cara: 1. Cuci bersih semua sayuran, sisihkan. 2. Panaskan minyak goreng. Tumis baput & bombay sampai wangi. 3. Masukkan sosis, masak sampai matang. 4. Masukkan sayuran, saus tiram, kecap asin, gula, garam, merica. Aduk rata. 5. Masukkan air. Masak sampai matang. Cicipi & koreksi rasa. 6. Kalau sdh pas, kentalkan kuah dgn air maizena, lalu masukkan telur orak arik. Aduk rata. 7. Sajikan disiram diatas nasi putih. . . . #bekal  #doyanmasak  #resepmasakan  #sukamasak  #shareresep  #resepyummy  #yukbelajarmasak  #sukamakan  #idebekal  #fotomasak  #hobimasak  #hobimasakid  #berbagiresep  #gengbekel  #bekel  #masaksendiri  #masakanrumah  #guniezzt  #like4like  #chinesefood 
Fotomasak dari @uulfarandfavian __________________________________________
Assalamualaikum...Happy Monday, met beraktifitas manteman...Hav a nice day...🍅🍅 .
🍅NASI PANGGANG TOMAT ala Uul 🍅
Bahan : 
1 piring nasi
2lembar smoked beef potong kotak kecil
50 gr keju cheddar potong dadu
1/2 buah wortel potong dadu, rebus sebentar
1 sdm jagung manis pipil, rebus sebentar
1 sdm bawang bombay cincang
1/2 sdt bawang putih cincang
Mentega untuk menumis
Lada, garam, pala, saus tiram dan minyak wijen secukupnya
Mozarella untuk taburan
.
Wadah :
6 buah tomat ukuran sedang, cuci bersih belah menjadi 2. Kerok isinya, kemudian lap dengan tissue.
.
Cara :
🍅Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan smoked beef aduk hingga berubah warna.
🍅Masukkan wortel, jagung dan keju. Aduk rata. Tambahkan lada, garam, pala secukupnya.
🍅Masukkan nasi, aduk aduk hingga bumbu tercampur rata.
🍅Tuang beberapa sendok nasi di tomat, padatkan. Taburi mozarella parut. 🍅Panggang dengan api atas selama 7menit. Angkat sajikan hangat.
.
@thegaring.ig#thegaring151#nasipanggangtomat#tomatostuffedrice#nasipanggang #nasipanggangkeju #yukbelajarmasak #idebekal #dapurbekal#fotomasak#cakedankue#resepmommies #foodporn #foodgram #foodlovers #foodies #foodandbeverage #rice #riceandcheese#f52grams
Fotomasak dari @uulfarandfavian __________________________________________ Assalamualaikum...Happy Monday, met beraktifitas manteman...Hav a nice day...🍅🍅 . 🍅NASI PANGGANG TOMAT ala Uul 🍅 Bahan : 1 piring nasi 2lembar smoked beef potong kotak kecil 50 gr keju cheddar potong dadu 1/2 buah wortel potong dadu, rebus sebentar 1 sdm jagung manis pipil, rebus sebentar 1 sdm bawang bombay cincang 1/2 sdt bawang putih cincang Mentega untuk menumis Lada, garam, pala, saus tiram dan minyak wijen secukupnya Mozarella untuk taburan . Wadah : 6 buah tomat ukuran sedang, cuci bersih belah menjadi 2. Kerok isinya, kemudian lap dengan tissue. . Cara : 🍅Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan smoked beef aduk hingga berubah warna. 🍅Masukkan wortel, jagung dan keju. Aduk rata. Tambahkan lada, garam, pala secukupnya. 🍅Masukkan nasi, aduk aduk hingga bumbu tercampur rata. 🍅Tuang beberapa sendok nasi di tomat, padatkan. Taburi mozarella parut. 🍅Panggang dengan api atas selama 7menit. Angkat sajikan hangat. . @thegaring.ig#thegaring151 #nasipanggangtomat #tomatostuffedrice #nasipanggang  #nasipanggangkeju  #yukbelajarmasak  #idebekal  #dapurbekal #fotomasak #cakedankue #resepmommies  #foodporn  #foodgram  #foodlovers  #foodies  #foodandbeverage  #rice  #riceandcheese #f52grams 
Fotomasak dari @anitajoyo 
_____________________________________________
Senen, 19feb2018

Bismillahirrahmanirrahiim
😊

Masakan kapaan ya ini.. ya Allah..
Mbuh wes.. laliiii🤣
.
.

TUMIS DAUN SINGKONG GRAGU
#AJtumisdaunsingkonggragu

2 ikat daun singkong, rebus, iris
6 cabai rawit merah, iris
segenggam udang gragu 
garam, gula pasir, merica bubuk 
Tumbuk kasar :
10 rawit merah
1 sdt terasi
6 butir bawang merah 
4 siung bawang putih 
Cara 
1. Tumis bumbu tumbuk, masukkan gragu. Aduk rata
2. Tuang air, bumbui garam, gula, merica, cabe iris
3. Masukkan irisan daun singkong. Aduk rata
4. Koreksi rasa, masak sampe air agak nyusut. Angkat, sajikan

NOTE
cara ngrebus daun singkong biar tetep hejo dan cepet empyuk
Didihkan air, tambahin sedikit garam dan soda kue. Masukkan daun singkong. Balik sesekali
Kira2 cuma butuh waktu 7-10' untuk 2 ikat daun singkong
Angkat. Setelah agak dingin, peres airnya. Siap dimasak👌
.
.
#f52grams #thefeedfeed #foodporn #foodshare #fotomasak #foodandwine #foodstagram #foodstyling #foodblogfeed #foodphotography #onthetable #vscocam #vscofood #vscogood #theyemek #thekitchn #hautecuisine #halalfood #epicurious #anitajoyophotowork #doyanbaking #berbagiresep #uploadkompakan #ukresep
Fotomasak dari @anitajoyo _____________________________________________ Senen, 19feb2018 Bismillahirrahmanirrahiim 😊 Masakan kapaan ya ini.. ya Allah.. Mbuh wes.. laliiii🤣 . . TUMIS DAUN SINGKONG GRAGU #AJtumisdaunsingkonggragu  2 ikat daun singkong, rebus, iris 6 cabai rawit merah, iris segenggam udang gragu garam, gula pasir, merica bubuk Tumbuk kasar : 10 rawit merah 1 sdt terasi 6 butir bawang merah 4 siung bawang putih Cara 1. Tumis bumbu tumbuk, masukkan gragu. Aduk rata 2. Tuang air, bumbui garam, gula, merica, cabe iris 3. Masukkan irisan daun singkong. Aduk rata 4. Koreksi rasa, masak sampe air agak nyusut. Angkat, sajikan NOTE cara ngrebus daun singkong biar tetep hejo dan cepet empyuk Didihkan air, tambahin sedikit garam dan soda kue. Masukkan daun singkong. Balik sesekali Kira2 cuma butuh waktu 7-10' untuk 2 ikat daun singkong Angkat. Setelah agak dingin, peres airnya. Siap dimasak👌 . . #f52grams  #thefeedfeed  #foodporn  #foodshare  #fotomasak  #foodandwine  #foodstagram  #foodstyling  #foodblogfeed  #foodphotography  #onthetable  #vscocam  #vscofood  #vscogood  #theyemek  #thekitchn  #hautecuisine  #halalfood  #epicurious  #anitajoyophotowork  #doyanbaking  #berbagiresep  #uploadkompakan  #ukresep 
Fotomasak dari @meibasuki 
____________________________________________
Assalamu'alaikum...
Pagi..
Salkomsel...
Bingung mau bikin olahan apa dari tomat *tema Senin ini.. pas ada seorang temen yang bilang, "bikin sambal aja.." akhirnya ya setor sambel beneran... Tp klo setor sambel tok pasti sdh byk yg pinter bikinnya kan.. jadi sy sekalian foto sama yg dicocol ke sambal yaitu ayam goreng & kremesan. Ayam gorengnya, aygor ungkep biasa, sambelnya pun sdh beberapa kali sy share resepnya, sedang  kremesannya kali ini saya pake resepnya si cantik tintinrayner , thanks ya Tin resep kremesnya.. mantaaf 😘
____________________
.
Ayam Goreng Ungkep
By @meibasuki
.
Bahan: 
1 ekor/900 gr ayam kampung, bersihkan, potong sesuai selera
1200-1500 ml air kelapa/air biasa
.
Bumbu halus:
8 bwg merah
5 bwg putih
10 buah kemiri
3 cm jahe
3 cm kunyit
1/2 sdm ketumbar
1 sdt lada bubuk
1/3 buah pala ukuran sedang
.
Bumbu cemplung:
1/2 sdm garam
1 sdt gulpas
3 btg sereh geprek
Sejempol lengkuas geprek
2 lmbr daun salam
.
Caranya:
Tumis semua bumbu dg sdkt minyak goreng sampe wangi, masukkan ayam, aduk rata, masukkan air kelapa, tutup wajannya, masak hingga ayam empuk, biarkan sampe dingin, goreng
.
Kremesan:
Bahan:
125 gr tepung sagu
2 sdm tepung beras
1 kuning telur
200 ml air + 100 ml air sisa rebusan ayam
3 siung bawput halus
1/2 sdt baking powder
.
Caranya:
Campur seluruh bahan kremesan, panaskan minyak goreng agak banyak di wajan, goreng kremesan dg cara ditaburkan menggunakan telapak tangan & jari, biarkan sampe kekuningan, lipat, stlh benar2 garing angkat, tiriskan
.
Sambal:
3 cabe merah
15 cabe rawit
10 bawmer 
2 bawput
2 buah tomat
1 sachet terasi 
Gula merah, sy 1 sdm
Garam
.
Caranya:
Tumbuk semua bahan sambal, Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis/masak bahan sambal sampe matang
Fotomasak dari @meibasuki ____________________________________________ Assalamu'alaikum... Pagi.. Salkomsel... Bingung mau bikin olahan apa dari tomat *tema Senin ini.. pas ada seorang temen yang bilang, "bikin sambal aja.." akhirnya ya setor sambel beneran... Tp klo setor sambel tok pasti sdh byk yg pinter bikinnya kan.. jadi sy sekalian foto sama yg dicocol ke sambal yaitu ayam goreng & kremesan. Ayam gorengnya, aygor ungkep biasa, sambelnya pun sdh beberapa kali sy share resepnya, sedang kremesannya kali ini saya pake resepnya si cantik tintinrayner , thanks ya Tin resep kremesnya.. mantaaf 😘 ____________________ . Ayam Goreng Ungkep By @meibasuki . Bahan: 1 ekor/900 gr ayam kampung, bersihkan, potong sesuai selera 1200-1500 ml air kelapa/air biasa . Bumbu halus: 8 bwg merah 5 bwg putih 10 buah kemiri 3 cm jahe 3 cm kunyit 1/2 sdm ketumbar 1 sdt lada bubuk 1/3 buah pala ukuran sedang . Bumbu cemplung: 1/2 sdm garam 1 sdt gulpas 3 btg sereh geprek Sejempol lengkuas geprek 2 lmbr daun salam . Caranya: Tumis semua bumbu dg sdkt minyak goreng sampe wangi, masukkan ayam, aduk rata, masukkan air kelapa, tutup wajannya, masak hingga ayam empuk, biarkan sampe dingin, goreng . Kremesan: Bahan: 125 gr tepung sagu 2 sdm tepung beras 1 kuning telur 200 ml air + 100 ml air sisa rebusan ayam 3 siung bawput halus 1/2 sdt baking powder . Caranya: Campur seluruh bahan kremesan, panaskan minyak goreng agak banyak di wajan, goreng kremesan dg cara ditaburkan menggunakan telapak tangan & jari, biarkan sampe kekuningan, lipat, stlh benar2 garing angkat, tiriskan . Sambal: 3 cabe merah 15 cabe rawit 10 bawmer 2 bawput 2 buah tomat 1 sachet terasi Gula merah, sy 1 sdm Garam . Caranya: Tumbuk semua bahan sambal, Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis/masak bahan sambal sampe matang
Fotomasak dari @intanpurnamasari81 _____________________________________________
PINDANG SAMBAL TOMAT
by : @intanpurnamasari81

Bahan :
3 ekor ikan pindang
1 sdt gula merah
secukupnya kecap manis
secukupnya kaldu bubuk
secukupnya gula pasir
1 buah tomat iris tipis

Bumbu Halus:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 biji lombok merah besar
10 biji cabe rawit (optional jumlahnya)
1 sdt terasi
secukupnya garam
1 buah tomat

Cara Memasak:
1. Bersihkan ikan dari kepala dan duri, belah jadi dua, cuci bersih, goreng setengah matang, tiriskan
2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, masukkan gula merah, kaldu bubuk dan gula pasir 
3. Tambahkan sedikit air lalu masukkan pindang yang sudah digoreng
4. Masak sampai bumbu meresap, tambahkan kecap manis dan jangan lupa icip icip yaa
5. Terakhir masukkan irisan tomat segar, aduk sebentar dan sajikan dengan nasi panas

@thegaring
#thegaring151
#anekaolahantomat
#salkomsel
Fotomasak dari @intanpurnamasari81 _____________________________________________ PINDANG SAMBAL TOMAT by : @intanpurnamasari81 Bahan : 3 ekor ikan pindang 1 sdt gula merah secukupnya kecap manis secukupnya kaldu bubuk secukupnya gula pasir 1 buah tomat iris tipis Bumbu Halus: 5 siung bawang merah 3 siung bawang putih 3 biji lombok merah besar 10 biji cabe rawit (optional jumlahnya) 1 sdt terasi secukupnya garam 1 buah tomat Cara Memasak: 1. Bersihkan ikan dari kepala dan duri, belah jadi dua, cuci bersih, goreng setengah matang, tiriskan 2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, masukkan gula merah, kaldu bubuk dan gula pasir 3. Tambahkan sedikit air lalu masukkan pindang yang sudah digoreng 4. Masak sampai bumbu meresap, tambahkan kecap manis dan jangan lupa icip icip yaa 5. Terakhir masukkan irisan tomat segar, aduk sebentar dan sajikan dengan nasi panas @thegaring #thegaring151  #anekaolahantomat  #salkomsel 
Fotomasak dari @elsaelwin ___________________________________________
Assalaamu'alaykum..
Ada yang suka Sala Lauak? Penganan khas asal Sumatera Barat khususnya Pariaman ini sudah terkenal dimana-mana. Dan saya termasuk penggemar berat Sala Lauak. Makin banyak lauaknya (ikan asinnya) menurut saya makin enak. Kalau orang Medan nyebutnya Sala Bulek..bulek karena bentuknya yang bulat 😆, enak banget loh ini... langsung aja resepnya ya.
Happy long weekend teman-teman.. .

SALA LAUAK

Bahan :
250 gr tepung beras, sangrai hingga tepung berubah warna agak lebih gelap
2 ekor ikan asin peda ukuran sedang, ambil dagingnya saja, potong-potong kecil
2 lembar daun kunyit, buang tulang tengahnya, iris halus
2 batang daun bawang, iris halus
Garam dan merica secukupnya

325 ml air mendidih

Bumbu halus :
8 bh cabe merah
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 cm kunyit
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas

Cara membuat : 
1. Letakkan tepung beras yang sudah disangrai di dalam wadah. Masukkan semua bahan dan bumbu halus. Aduk rata. Terakhir masukkan air mendidih sedikit sedikit sambil di aduk dengan sendok kayu (karena masih panas). Setelah agak hangat baru aduk rata dengan tangan. Diamkan 10 menit.

2. Oles telapak tangan dengan minyak, ambil adonan, bentuk bulat. Goreng di dalam minyak banyak, dengan api kecil hingga matang.  Sala lauak siap disajikan.

Untuk 25 bh
.
#elsaelwin #fotomasak #makanantradisionalindonesia #salalauak #yukbelajarmasak #masakankhasminang #masakbarengyuuk
Fotomasak dari @elsaelwin ___________________________________________ Assalaamu'alaykum.. Ada yang suka Sala Lauak? Penganan khas asal Sumatera Barat khususnya Pariaman ini sudah terkenal dimana-mana. Dan saya termasuk penggemar berat Sala Lauak. Makin banyak lauaknya (ikan asinnya) menurut saya makin enak. Kalau orang Medan nyebutnya Sala Bulek..bulek karena bentuknya yang bulat 😆, enak banget loh ini... langsung aja resepnya ya. Happy long weekend teman-teman.. . SALA LAUAK Bahan : 250 gr tepung beras, sangrai hingga tepung berubah warna agak lebih gelap 2 ekor ikan asin peda ukuran sedang, ambil dagingnya saja, potong-potong kecil 2 lembar daun kunyit, buang tulang tengahnya, iris halus 2 batang daun bawang, iris halus Garam dan merica secukupnya 325 ml air mendidih Bumbu halus : 8 bh cabe merah 8 butir bawang merah 4 siung bawang putih 3 cm kunyit 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas Cara membuat : 1. Letakkan tepung beras yang sudah disangrai di dalam wadah. Masukkan semua bahan dan bumbu halus. Aduk rata. Terakhir masukkan air mendidih sedikit sedikit sambil di aduk dengan sendok kayu (karena masih panas). Setelah agak hangat baru aduk rata dengan tangan. Diamkan 10 menit. 2. Oles telapak tangan dengan minyak, ambil adonan, bentuk bulat. Goreng di dalam minyak banyak, dengan api kecil hingga matang.  Sala lauak siap disajikan. Untuk 25 bh . #elsaelwin  #fotomasak  #makanantradisionalindonesia  #salalauak  #yukbelajarmasak  #masakankhasminang  #masakbarengyuuk 
Fotomasak dari @chichiwiranata 
_________________________________________
kesukaannya zaqi. tiap maem di hokben juga pasti ngabisin chicken egg rollnya. ini bikin sendiri dia makan banyak banget. ditusukin disumpit dimakan sambil mondar mandir. udah abis dia nangis, minta terus 😅

Chicken Egg Roll
ala @chichiwiranata
source @dapurmacan modifikasi

Bahan Kulit :
3 butir telur
1/2 sdt garam
60 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
150 ml air
1 sdm mentega cair

Bahan Isi :
300 gr daging paha ayam cincang
40 gr kulit ayam potong kecil-kecil (jangan di skip jika ingin lebih gurih dan juicy)
2 siung bawang putih (haluskan, lalu tumis sebentar hingga harum)
1 sdt kecap asin
1 1/4 sdt garam halus
1 1/4 sdm gula pasir
2 butir telur
1 sdt minyak wijen 
¼ sdt merica bubuk
1 sdm penuh maizena

Adonan perekat :
1 sdm tepung terigu
Air secukupnya (kurleb 5-7sdm)
(Satukan tepung terigu dan air, aduk rata hingga berbentuk pasta, sisihkan.)
Atau bisa diganti dengan putih telur.

Cara membuat :
Kulit :
• Kocok lepas telur dan garam, masukkan air, masukkan tepung terigu dan tepung maizena, aduk dengan whisk, masukkan mentega cair, aduk kembali hingga rata lalu saring.
• Ambil 1 centong sayur, lalu buat dadar tipis di wajan anti lengket hingga habis
Isi :
• Haluskan kembali ayam cincang dan kulit ayam dengan food processor/chopper hingga benar-benar halus.
• Campur daging yang telah dihaluskan dengan semua bahan isi, aduk hingga benar-benar rata, sisihkan.
• Ambil 1 lembar dadar, isi dengan 1 1/2 - 2 sdm makan adonan isian, lalu ratakan dengan sendok hingga 3/4 dadar.
• Gulung seperti membuat lumpia (tekuk sedikit bagian kanan, lalu tekuk sedikit bagian kiri, tekuk kembali bagian bawah lalu gulung keatas, oleskan adonan perekat pada bagian pinggir atas dadar, lalu tutup.
• Tutup semua adonan yang sudah dibentuk dengan plastik wrap/aluminium foil, lalu ikat ujung kanan dan kirinya.
• Kukus selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang.
• Dinginkan chicken egg roll yang sudah dikukus, buka plastik wrap nya lalu potong dan goreng hingga keemasan
Fotomasak dari @chichiwiranata _________________________________________ kesukaannya zaqi. tiap maem di hokben juga pasti ngabisin chicken egg rollnya. ini bikin sendiri dia makan banyak banget. ditusukin disumpit dimakan sambil mondar mandir. udah abis dia nangis, minta terus 😅 Chicken Egg Roll ala @chichiwiranata source @dapurmacan modifikasi Bahan Kulit : 3 butir telur 1/2 sdt garam 60 gr tepung terigu 20 gr tepung maizena 150 ml air 1 sdm mentega cair Bahan Isi : 300 gr daging paha ayam cincang 40 gr kulit ayam potong kecil-kecil (jangan di skip jika ingin lebih gurih dan juicy) 2 siung bawang putih (haluskan, lalu tumis sebentar hingga harum) 1 sdt kecap asin 1 1/4 sdt garam halus 1 1/4 sdm gula pasir 2 butir telur 1 sdt minyak wijen  ¼ sdt merica bubuk 1 sdm penuh maizena Adonan perekat : 1 sdm tepung terigu Air secukupnya (kurleb 5-7sdm) (Satukan tepung terigu dan air, aduk rata hingga berbentuk pasta, sisihkan.) Atau bisa diganti dengan putih telur. Cara membuat : Kulit : • Kocok lepas telur dan garam, masukkan air, masukkan tepung terigu dan tepung maizena, aduk dengan whisk, masukkan mentega cair, aduk kembali hingga rata lalu saring. • Ambil 1 centong sayur, lalu buat dadar tipis di wajan anti lengket hingga habis Isi : • Haluskan kembali ayam cincang dan kulit ayam dengan food processor/chopper hingga benar-benar halus. • Campur daging yang telah dihaluskan dengan semua bahan isi, aduk hingga benar-benar rata, sisihkan. • Ambil 1 lembar dadar, isi dengan 1 1/2 - 2 sdm makan adonan isian, lalu ratakan dengan sendok hingga 3/4 dadar. • Gulung seperti membuat lumpia (tekuk sedikit bagian kanan, lalu tekuk sedikit bagian kiri, tekuk kembali bagian bawah lalu gulung keatas, oleskan adonan perekat pada bagian pinggir atas dadar, lalu tutup. • Tutup semua adonan yang sudah dibentuk dengan plastik wrap/aluminium foil, lalu ikat ujung kanan dan kirinya. • Kukus selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang. • Dinginkan chicken egg roll yang sudah dikukus, buka plastik wrap nya lalu potong dan goreng hingga keemasan
Fotomasak dari @henimaria 
___________________________________________
Pagi.... Ini Sop Ikan sayur asin kala dulu (seperti biasa 😅 )
. .
Sop ikan sayur asin 
Cooked by: @henimaria .
.
Bahan: 
1ekor ikan, potong jadi 4bagian
1ikat sayur asin, potong potong 
5siung bawang putih 
3bh kemiri, sangrai 
2bh tomat hijau, potong 4 
1sdt garam 
1sdt gula pasir 
1sdt merica 
750ml air 
Cara: 
1. Haluskan bawang putih dan kemiri. 
2. Bersihkan ikan, lumuri dengan peresan air jeruk nipis dan garam, biarkan 15menit, lalu goreng dalam minyak banyak yang sudah panas hingga matang, angkat, tiriskan. 
3. Dalam panci, masak air hingga mendidih, masukkan bumbu halus, ikan, sayur asin, tomat hijau, gula, garam dan merica, aduk rata sekali aja supaya ikan tidak hancur, cicipi dan koreksi rasanya, jika sudah dirasa pas, masak hingga semua bahan matang, angkat, sajikan 👌👌
Fotomasak dari @henimaria ___________________________________________ Pagi.... Ini Sop Ikan sayur asin kala dulu (seperti biasa 😅 ) . . Sop ikan sayur asin Cooked by: @henimaria . . Bahan: 1ekor ikan, potong jadi 4bagian 1ikat sayur asin, potong potong 5siung bawang putih 3bh kemiri, sangrai 2bh tomat hijau, potong 4 1sdt garam 1sdt gula pasir 1sdt merica 750ml air Cara: 1. Haluskan bawang putih dan kemiri. 2. Bersihkan ikan, lumuri dengan peresan air jeruk nipis dan garam, biarkan 15menit, lalu goreng dalam minyak banyak yang sudah panas hingga matang, angkat, tiriskan. 3. Dalam panci, masak air hingga mendidih, masukkan bumbu halus, ikan, sayur asin, tomat hijau, gula, garam dan merica, aduk rata sekali aja supaya ikan tidak hancur, cicipi dan koreksi rasanya, jika sudah dirasa pas, masak hingga semua bahan matang, angkat, sajikan 👌👌
Fotomasak dari @deena_hp 
_____________________________________________
Chinese "Steamed Whole Fish" is a really authentic traditional Chinese dish made with simple ingredients & that’s often served as one of favorite CNY Dish.

Fish is symbolic of abundance or Increase in Prosperity, in Chinese pronunciation "fish" (鱼 Yú /yoo/) sounds like 'surplus' is loaded with lots of wishes and meanings. There is a famous Chinese blessing speech as ‘Nian Nian You Yu’, meaning bountiful harvests each year. For CNY meal, fish is usually cooked as a whole.

The choice of fish is also important ; Carp (good luck) and catfish (surplus). But you may use any white fleshy fish to make this simple dish. I used Milkfish (虱目鱼 or Shī mù yú or Ikan Bandeng) for my version. Served this simple and flavorful dish with white rice... it's so good 😉
.
.
Chinese Steamed Whole Fish

Bahan :

1 ekor (500gr) Ikan Bandeng, bersihkan ikan, cuci & beri jeruk
3 sdm jahe, iris tipis
2 batang daun bawang, iris tipis bagian hijau & putihnya
2 siung bawang putih, cincang halus
4 buah cabe merah, iris halus
4 btg daun ketumbar segar, ambil daunnya
50 ml minyak .
.
Saus Kecap (Campur):
50 ml air
¼ sdt garam
¾ sdt gula
3 sdm kecap 
2 sdm minyak wijen
1/4 lemon atau cuka
Lada putih secukupnya

Cara:
1. Bersihkan/siangi sisik ikan, buang insang & isi perut, gurat bagian perutnya, keringkan dengan serbet dapur. Susun irisan jahe di wadah kukusan lalu taruh ikan di atasnya. Campur semua saus di dalam mangkuk kecil, sisihkan.
2. Isi bagian dalam ikan dgn beberapa jahe & sebagian daun bawang.
3. Kukus Ikan di atas api panas selama 8-10 menit sampai matang.
4. Selanjutnya, buang sisa air di wadah kukusan, beri sisa irisan jahe & bawang putih.
5. Panaskan minyak goreng di dalam panci hingga panas. Tuangkan minyak panas ke atas ikan kukus.
6. Selanjutnya, panaskan campuran kecap sampai mendidih. Tuang kembali ke atas ikan, tambahkan irisan cabai, daun bawang & daun ketumbar. Siap disajikan dgn nasi putih.
.
Easy, colorful, healthy & yummy👍😉
.
.
#99homemaderecipe
@ranchmarket99id
#chinesefood
Fotomasak dari @deena_hp _____________________________________________ Chinese "Steamed Whole Fish" is a really authentic traditional Chinese dish made with simple ingredients & that’s often served as one of favorite CNY Dish. Fish is symbolic of abundance or Increase in Prosperity, in Chinese pronunciation "fish" (鱼 Yú /yoo/) sounds like 'surplus' is loaded with lots of wishes and meanings. There is a famous Chinese blessing speech as ‘Nian Nian You Yu’, meaning bountiful harvests each year. For CNY meal, fish is usually cooked as a whole. The choice of fish is also important ; Carp (good luck) and catfish (surplus). But you may use any white fleshy fish to make this simple dish. I used Milkfish (虱目鱼 or Shī mù yú or Ikan Bandeng) for my version. Served this simple and flavorful dish with white rice... it's so good 😉 . . Chinese Steamed Whole Fish Bahan : 1 ekor (500gr) Ikan Bandeng, bersihkan ikan, cuci & beri jeruk 3 sdm jahe, iris tipis 2 batang daun bawang, iris tipis bagian hijau & putihnya 2 siung bawang putih, cincang halus 4 buah cabe merah, iris halus 4 btg daun ketumbar segar, ambil daunnya 50 ml minyak . . Saus Kecap (Campur): 50 ml air ¼ sdt garam ¾ sdt gula 3 sdm kecap 2 sdm minyak wijen 1/4 lemon atau cuka Lada putih secukupnya Cara: 1. Bersihkan/siangi sisik ikan, buang insang & isi perut, gurat bagian perutnya, keringkan dengan serbet dapur. Susun irisan jahe di wadah kukusan lalu taruh ikan di atasnya. Campur semua saus di dalam mangkuk kecil, sisihkan. 2. Isi bagian dalam ikan dgn beberapa jahe & sebagian daun bawang. 3. Kukus Ikan di atas api panas selama 8-10 menit sampai matang. 4. Selanjutnya, buang sisa air di wadah kukusan, beri sisa irisan jahe & bawang putih. 5. Panaskan minyak goreng di dalam panci hingga panas. Tuangkan minyak panas ke atas ikan kukus. 6. Selanjutnya, panaskan campuran kecap sampai mendidih. Tuang kembali ke atas ikan, tambahkan irisan cabai, daun bawang & daun ketumbar. Siap disajikan dgn nasi putih. . Easy, colorful, healthy & yummy👍😉 . . #99homemaderecipe  @ranchmarket99id #chinesefood 
Fotomasak dari @bettyfebrianita ____________________________________________
Kalo menurut aku ini tahan lamaa gak gampang basi
Kemarin aku masak jam 10 pagi daan jam 8.30 malam aku cek gak basi tetep enaak

URAP SAYUR ( VERSI BUMBU DI TUMIS ) lebih tahan lama

Resep:

Bahan
Sayur sesuai selera
( saya daun singkong,kubis,kacang panjang,taoge dan kemangi )
1/2 butir kelapa parut ( parut kasar)
5 daun jeruk
2 batang sereh ( ambil putihnya aja,geprek )
Garam
Kaldu udang Bubuk non MSG
Gula pasir / gula jawa ( saya gula jawa )
2 sdm minyak goreng

Bumbu halus
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih
10 Cabe merah keriting
2 ruas kencur
1/2 sdt terasi bakar

Cara
1. Masak semua sayur ,tiriskan ( untuk daun singkong tadi saya rebus dengan 1 sdt garam ,angkat tiriskan lalu peras smpai air benar-benar hilang ,iris-iris )
2. Panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus tambahkan daun jeruk,sereh,gula merah tumis sampai harum masukkan kelapa parut,aduk sampai rata ,tambahkan garam,kaldu bubuk tumis lagi sambil di trus di aduk agar tidak cepat gosong ( saya tadi kurleb 20 menit menggunakan api sedang ke kecil ).Koreksi rasa
3. Siapkan wadah campur bumbu urap , sayur dan kemangi ,aduk sampai tercampur rata
4. Sajikan

#doyancooking#doyanmasak#resepcookingbaking#fotomasak#masakanindonesia#resepmasakanindonesia#resepmasakan#reseprumahan#masakannusantara#resepenak#reseproemah#shareresep#bagiresep#berbagiresep#dapurmacan#hobimasakid#hobicooking#dc#dc_urap#urapbumbutumis
Fotomasak dari @bettyfebrianita ____________________________________________ Kalo menurut aku ini tahan lamaa gak gampang basi Kemarin aku masak jam 10 pagi daan jam 8.30 malam aku cek gak basi tetep enaak URAP SAYUR ( VERSI BUMBU DI TUMIS ) lebih tahan lama Resep: Bahan Sayur sesuai selera ( saya daun singkong,kubis,kacang panjang,taoge dan kemangi ) 1/2 butir kelapa parut ( parut kasar) 5 daun jeruk 2 batang sereh ( ambil putihnya aja,geprek ) Garam Kaldu udang Bubuk non MSG Gula pasir / gula jawa ( saya gula jawa ) 2 sdm minyak goreng Bumbu halus 7 siung bawang merah 3 siung bawang putih 10 Cabe merah keriting 2 ruas kencur 1/2 sdt terasi bakar Cara 1. Masak semua sayur ,tiriskan ( untuk daun singkong tadi saya rebus dengan 1 sdt garam ,angkat tiriskan lalu peras smpai air benar-benar hilang ,iris-iris ) 2. Panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus tambahkan daun jeruk,sereh,gula merah tumis sampai harum masukkan kelapa parut,aduk sampai rata ,tambahkan garam,kaldu bubuk tumis lagi sambil di trus di aduk agar tidak cepat gosong ( saya tadi kurleb 20 menit menggunakan api sedang ke kecil ).Koreksi rasa 3. Siapkan wadah campur bumbu urap , sayur dan kemangi ,aduk sampai tercampur rata 4. Sajikan #doyancooking #doyanmasak #resepcookingbaking #fotomasak #masakanindonesia #resepmasakanindonesia #resepmasakan #reseprumahan #masakannusantara #resepenak #reseproemah #shareresep #bagiresep #berbagiresep #dapurmacan #hobimasakid #hobicooking #dc #dc_urap #urapbumbutumis 
Fotomasak dari @gisdamn ____________________________________________
Memasak nasi kebuli ternyata ngga sesusah mendengar namanya, “Kebuli”.
Jaman dulu kalo denger kebuli pasti pengennya makannya aja, lezaaat, kepikiran utk nyoba masaknya aja ngga😂
Ternyata pas dicoba masak sangat2 gampang👌🏻
.
✨NASI KEBULI AYAM✨
By IbuKembar @gisdamn
.
Bahan:
- Beberapa potong paha ayam dicuci bersih;
- Beras 3 gelas magicom (dicampur 2 gelas beras biasa dengan 1 gelas perak buat bikin nasgor);
- Cengkeh 6 pcs;
- Kapulaga hijau 3 pcs;
- Bunga peka 3 pcs;
- Kayu manis batang 3 pcs;
- Daun kari 5 lembar;
- Sereh 1 batang;
- Margarin;
- Susu cair plain 500ml;
- Air utk memasak nasi di magicom kurleb 600ml;
- Garam & kaldu bubuk;
- Bumbu kare instant 2 bungkus;
- Bumbu ulek: Bawang merah 7 siung & Bawang putih 5 siung;
Semua bahan ditakar secukupnya/ sesuai selera & kebutuhan yah...
.
Cara Memasak:
- Panaskan margarin, tumis bumbu ulek & sereh sampai harum;
- Masukkan paha ayam, gongseng sampai ayam berubah warna, lalu tambahkan bumbu kare instan & air, aduk rata sampai kuah mengental dan ayam 90% matang, lalu matikan kompor;
- Siapkan panci rice cooker, masukkan beras yg telah dicuci bersih, susu cair, cengkeh, kapulaga, bunga peka, kayu manis, daun kari, tumisan ayam kare diatas, garam dan kaldu bubuk secukupnya, lalu nyalakan rice cooker seperti masak nasi biasa;
- Hidangkan nasi kebuli ayam dengan taburan bawang goreng diatasnya😋👌🏻
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
#resepnasikebuli #nasikebuli #nasikebuliayam #resepnasikebuliayam #resepNasiKebuli_ByIbuKembar #resepIbuKembar #olahanayam #kebuli #homecooking #happycooking #cookingforhusband #cookforhubby #belajarmasak #masaksendiri #doyancooking #doyanmasak #foodlovers #fotomasak #instafood #igfood #kebulirice #cookingram #foodshare #kulinerindonesia #indonesianfoods #masakanrumah #berbagiresep #healthyfood #resepmasakan
Fotomasak dari @gisdamn ____________________________________________ Memasak nasi kebuli ternyata ngga sesusah mendengar namanya, “Kebuli”. Jaman dulu kalo denger kebuli pasti pengennya makannya aja, lezaaat, kepikiran utk nyoba masaknya aja ngga😂 Ternyata pas dicoba masak sangat2 gampang👌🏻 . ✨NASI KEBULI AYAM✨ By IbuKembar @gisdamn . Bahan: - Beberapa potong paha ayam dicuci bersih; - Beras 3 gelas magicom (dicampur 2 gelas beras biasa dengan 1 gelas perak buat bikin nasgor); - Cengkeh 6 pcs; - Kapulaga hijau 3 pcs; - Bunga peka 3 pcs; - Kayu manis batang 3 pcs; - Daun kari 5 lembar; - Sereh 1 batang; - Margarin; - Susu cair plain 500ml; - Air utk memasak nasi di magicom kurleb 600ml; - Garam & kaldu bubuk; - Bumbu kare instant 2 bungkus; - Bumbu ulek: Bawang merah 7 siung & Bawang putih 5 siung; Semua bahan ditakar secukupnya/ sesuai selera & kebutuhan yah... . Cara Memasak: - Panaskan margarin, tumis bumbu ulek & sereh sampai harum; - Masukkan paha ayam, gongseng sampai ayam berubah warna, lalu tambahkan bumbu kare instan & air, aduk rata sampai kuah mengental dan ayam 90% matang, lalu matikan kompor; - Siapkan panci rice cooker, masukkan beras yg telah dicuci bersih, susu cair, cengkeh, kapulaga, bunga peka, kayu manis, daun kari, tumisan ayam kare diatas, garam dan kaldu bubuk secukupnya, lalu nyalakan rice cooker seperti masak nasi biasa; - Hidangkan nasi kebuli ayam dengan taburan bawang goreng diatasnya😋👌🏻 . . . . . . . . . . . . . . . . . . #resepnasikebuli  #nasikebuli  #nasikebuliayam  #resepnasikebuliayam  #resepNasiKebuli_ByIbuKembar  #resepIbuKembar  #olahanayam  #kebuli  #homecooking  #happycooking  #cookingforhusband  #cookforhubby  #belajarmasak  #masaksendiri  #doyancooking  #doyanmasak  #foodlovers  #fotomasak  #instafood  #igfood  #kebulirice  #cookingram  #foodshare  #kulinerindonesia  #indonesianfoods  #masakanrumah  #berbagiresep  #healthyfood  #resepmasakan 
Fotomasak dari @armithaap 
_______________________________________________
Mood booster itu ketika Sasi teriak “Yey! Sayur daun singkong!” lalu lahap menikmati makan siang.
Tak mudah memang menanamkan nilai agar “nrimo” makanan yang ada di rumah.  Maka berceritalah agar anak mengerti seberapa  jauh perjalanan yang ditempuh seikat daun singkong hingga bisa tersaji di atas meja. 
Buat saya, masak bersama Sasi ndak cuma soal quality time. Di situ Sasi belajar menghargai makanan. Ternyata masak puding instan aja harus nunggu lama, baru bisa keras. Ternyata ngupas bawang merah itu pedas di mata. Dan ternyata stok hansaplast Sasi yang gambar Frozen berkurang karena Ibuk sering keiris jarinya 😂

Yah.. sesekali Sasi memang request kepengen menu apa. Tapi itu jika saya yang bertanya. Kadang butuh inspirasi menu 😂
Taapi,  kalau pas saya ga request, Sasi pulang sekolah tinggal makan dan sampe Sasi menolak minta menu makanan yang lain? Jangan harap Ibu nurutin! Makan yang ada atau tahan lapar! 😆☝🏻
Itu aturan di rumah sejak Sasi ultah ke4. Alesan sih, sebenernya Ibu aja yang males masak lagi 🙃
.
.
Sayur Daun Singkong
Bahan :
1 ikat daun singkong
1/2 bungkus santan instan kental
1/2 bungkus santan instan diencerkan dengan air 300ml
1 genggam ikan teri
1 iris tempe semangit
Bumbu halus :
4 siung bawang merah
1 kemiri bakar
4 cabe keriting
1 iris kunyit
Bumbu :
6 cabe rawit utuh
1 iris lengkuas 
1 ruas serai
2 lembar daun salam
Gula merah, garam.
Cara memasak :
1. Cuci bersih daun singkong. Rebus sebentar setengah matang. Tiriskan lalu remas daun supaya lebih lemas, iris kasar daun lalu sisihkan.
2. Tumis ikan teri bersama bumbu halus dan bumbu lainnya sampai wangi. Masukkan daun singkong sampai layu kemudian tambahkan santan cair dan tempe semangit. Didihkan.
3. Tambahkan santan kental, bumbui dengan gula dan garam. Masak sampai kuah mengental. Koreksi rasa.

@uploadkompakan #ukmudbuster_022 #uploadkompakan #sanggarabalada #kompakersmakassar #fotomasak #foodphotography #iphonography #onthetable #berbagiresep #shareresep #resepsayurdaunsingkong
Fotomasak dari @armithaap _______________________________________________ Mood booster itu ketika Sasi teriak “Yey! Sayur daun singkong!” lalu lahap menikmati makan siang. Tak mudah memang menanamkan nilai agar “nrimo” makanan yang ada di rumah. Maka berceritalah agar anak mengerti seberapa jauh perjalanan yang ditempuh seikat daun singkong hingga bisa tersaji di atas meja. Buat saya, masak bersama Sasi ndak cuma soal quality time. Di situ Sasi belajar menghargai makanan. Ternyata masak puding instan aja harus nunggu lama, baru bisa keras. Ternyata ngupas bawang merah itu pedas di mata. Dan ternyata stok hansaplast Sasi yang gambar Frozen berkurang karena Ibuk sering keiris jarinya 😂 Yah.. sesekali Sasi memang request kepengen menu apa. Tapi itu jika saya yang bertanya. Kadang butuh inspirasi menu 😂 Taapi, kalau pas saya ga request, Sasi pulang sekolah tinggal makan dan sampe Sasi menolak minta menu makanan yang lain? Jangan harap Ibu nurutin! Makan yang ada atau tahan lapar! 😆☝🏻 Itu aturan di rumah sejak Sasi ultah ke4. Alesan sih, sebenernya Ibu aja yang males masak lagi 🙃 . . Sayur Daun Singkong Bahan : 1 ikat daun singkong 1/2 bungkus santan instan kental 1/2 bungkus santan instan diencerkan dengan air 300ml 1 genggam ikan teri 1 iris tempe semangit Bumbu halus : 4 siung bawang merah 1 kemiri bakar 4 cabe keriting 1 iris kunyit Bumbu : 6 cabe rawit utuh 1 iris lengkuas 1 ruas serai 2 lembar daun salam Gula merah, garam. Cara memasak : 1. Cuci bersih daun singkong. Rebus sebentar setengah matang. Tiriskan lalu remas daun supaya lebih lemas, iris kasar daun lalu sisihkan. 2. Tumis ikan teri bersama bumbu halus dan bumbu lainnya sampai wangi. Masukkan daun singkong sampai layu kemudian tambahkan santan cair dan tempe semangit. Didihkan. 3. Tambahkan santan kental, bumbui dengan gula dan garam. Masak sampai kuah mengental. Koreksi rasa. @uploadkompakan #ukmudbuster_022  #uploadkompakan  #sanggarabalada  #kompakersmakassar  #fotomasak  #foodphotography  #iphonography  #onthetable  #berbagiresep  #shareresep  #resepsayurdaunsingkong 
Fotomasak dari @hanhanny ___________________________________________
Assallamualaikum...
Masakan kampung yang bisa bikin selera makan langsung bergairah...ini nih CACAPAN ASAM..ini bubuhan urang banjar pasti sukaa bin katuju..iyaa kalooo..
Iwaknya iwak papuyu wan iwak karing telang/tenggiri ummaaai....asoii banar uhuii.....😄
siapkan nasi putih yang banyak,siap dinikmati dengan penuh kenikmatan..mood booster ulun..kalo pas lagi bosan dengan makanan kekinian 😆
.
.
BAHAN CACAPAN :
Air asam jawa secukupnya ( asam jawa diremas2 dengan air matang buang biji &  ampasnya )
Bawang merah secukupnya sesuai selera ( iris2)
Irisan bawang putih bisa pake bisa tidak sesuai selera saja.
Lombok rawit pedas sesuai selera potong2
Sedikit terasi goreng/bakar
Beri garam,gulapasir dan sedikit kaldu bubuk/penyedap
Perahan Jeruk kunci kalo dirasa ingin menambah kesegaran
.
CARA MEMBUAT :
Campurkan semua bahan aduk rata,cek sesuai rasa,lalu celupkan ikan Bakar /ikan goreng,Ikan asin diatasnya,siap disantap.
.
#cacapan #kulinerbanjarmasin #kulinersamarinda 
#ukmudbuster_022 #uploadkompakan #foodphotography #iwakkaring #ikanasin #ikanbetok #iwakpapuyu
Fotomasak dari @hanhanny ___________________________________________ Assallamualaikum... Masakan kampung yang bisa bikin selera makan langsung bergairah...ini nih CACAPAN ASAM..ini bubuhan urang banjar pasti sukaa bin katuju..iyaa kalooo.. Iwaknya iwak papuyu wan iwak karing telang/tenggiri ummaaai....asoii banar uhuii.....😄 siapkan nasi putih yang banyak,siap dinikmati dengan penuh kenikmatan..mood booster ulun..kalo pas lagi bosan dengan makanan kekinian 😆 . . BAHAN CACAPAN : Air asam jawa secukupnya ( asam jawa diremas2 dengan air matang buang biji &  ampasnya ) Bawang merah secukupnya sesuai selera ( iris2) Irisan bawang putih bisa pake bisa tidak sesuai selera saja. Lombok rawit pedas sesuai selera potong2 Sedikit terasi goreng/bakar Beri garam,gulapasir dan sedikit kaldu bubuk/penyedap Perahan Jeruk kunci kalo dirasa ingin menambah kesegaran . CARA MEMBUAT : Campurkan semua bahan aduk rata,cek sesuai rasa,lalu celupkan ikan Bakar /ikan goreng,Ikan asin diatasnya,siap disantap. . #cacapan  #kulinerbanjarmasin  #kulinersamarinda  #ukmudbuster_022  #uploadkompakan  #foodphotography  #iwakkaring  #ikanasin  #ikanbetok  #iwakpapuyu 
Fotomasak dari @emma_sudrajat __________________________________________
Assalamualaikum.. MashaAllah dari subuh sudah diguyur hujan deras, mau bergegas kepasarpun tertunda. Masak yang simple aja yuk moms😉 gak pake ribet, karena bumbunya semua diiris. Met beraktifitas ya semuanya

Oseng Terong ikan asin pedas
by.  @emma_sudrajat

Bahan:
250grm terong
200grm ikan asin, goreng
3papan petai
2lembr daun salam
2lembar daun jeruk
1ruas lengkuas, memarkan
Segenggam daun kemangi
Air, garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu:
6siung bawang merah
4siung bawang putih
3bh cabe merah
80grm cabe rawit merah
4bh tomat cherry

Cara buat:
Tumis bamer dan baput smp harum,  lalu masukkan cabe, lengkuas, daun salam, daun jeruk, petai dan tomat. Kemudian masukkan terong dan ikan asin. Beri air sedikit saja, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Masak smp matang, koreksi rasa dan terakhir masukkan daun kemangi

#homemade #homecooking #bisabikin #doyanmasak #osengterong #fotoinsta #instapic #foodpic #fotomasakan #like4like #berbagiresep #olahanterong #resepmasakan #instalike #likeforlike #sharesesep #foodporn #resepyummy #shareresep #foodlovers #instagood #dailyfood #rusuhgram #kulinerlampung #lampungkuliner #indonesianfood #masakanrumah
Fotomasak dari @emma_sudrajat __________________________________________ Assalamualaikum.. MashaAllah dari subuh sudah diguyur hujan deras, mau bergegas kepasarpun tertunda. Masak yang simple aja yuk moms😉 gak pake ribet, karena bumbunya semua diiris. Met beraktifitas ya semuanya Oseng Terong ikan asin pedas by. @emma_sudrajat Bahan: 250grm terong 200grm ikan asin, goreng 3papan petai 2lembr daun salam 2lembar daun jeruk 1ruas lengkuas, memarkan Segenggam daun kemangi Air, garam dan gula pasir secukupnya Bumbu: 6siung bawang merah 4siung bawang putih 3bh cabe merah 80grm cabe rawit merah 4bh tomat cherry Cara buat: Tumis bamer dan baput smp harum, lalu masukkan cabe, lengkuas, daun salam, daun jeruk, petai dan tomat. Kemudian masukkan terong dan ikan asin. Beri air sedikit saja, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Masak smp matang, koreksi rasa dan terakhir masukkan daun kemangi #homemade  #homecooking  #bisabikin  #doyanmasak  #osengterong  #fotoinsta  #instapic  #foodpic  #fotomasakan  #like4like  #berbagiresep  #olahanterong  #resepmasakan  #instalike  #likeforlike  #sharesesep  #foodporn  #resepyummy  #shareresep  #foodlovers  #instagood  #dailyfood  #rusuhgram  #kulinerlampung  #lampungkuliner  #indonesianfood  #masakanrumah 
Fotomasak dari @dewi.yuliana23 __________________________________________
BEBEK GORENG KREMES 
by @dewi.yuliana23 .

Bagi penggemar bebek goreng ini enak bngt lho 😋 apalagi pakai kremesannya yg renyah dan ga keras sama skali, cocok dimakan dng nasi hangat lalapan dan sambel 👌 .

BAHAN :
1 ekor bebek potong 4 bagian, bersihkan dr lemak dan bulu yg msh menempel, cuci bersih beri perasaan air jeruk nipis dan garam diamkan sebentar lalu bilas skali lagi
Air secukupnya 
Garam, kaldu jamur, merica bubuk, sdkit gula merah dan 1 sdm air asam jawa

BUMBU UNGKEP : (haluskan) 
5 butir bawang merah
7 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
Sdkit kunyit dan jahe .

REMPAH :
4 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk sobek2
1 batang sereh memarkan
2 cm lengkuas memarkan

ADONAN KREMES :
80 gram tepung sagu
1 sdm tepung beras
1 kuning telur
250 ml air sisa ungkepan bebek yg sdh disaring (apabila kurang bisa ditambah air biasa) 
1/2 sdt baking powder .

CARA MEMBUAT :
1. Rebus bebek dng bumbu halus, rempah dan sisa bumbu lainya dng api sedang cenderung kecil sampai bebek empuk dan bumbu meresap, angkat bebek (sisakan air rebusannya) 
2. Campur dan aduk dng whisk bahan adonan kremes
3. Panaskan minyak bnyak, celupkan bebek kedalam adonan kremes lalu goreng (spya kulit luarnya garing) sampai kecoklatan, tiriskan
4. Ambil adonan kremes dng tangan, kucurkan diatas minyak panas dng jari -+ 20 cm diatas wajan sambil diputar, goreng sekitar 5 gengaman tangan skali menggoreng
5. Biarkan adonan kokoh dl baru bisa dibalik, goreng dng api sedang sampai agak kecoklatan, angkat tiriskan
6. Sajikan bebek goreng dng taburan kremesan diatasnya .

#bebekgoreng #bebekgorengkremes #resepbebekgoreng #bebekkremes #kremesan #bebek #doyancooking #doyanmasak #homecooking #berbagiresep #shareresep #foodphotos #fotomasak #fotomakanan #hobimasakid #foodpic #instafood #indonesianfood #resepindonesia #resepkremesan #marimasak #yummyfood #delicious #friedduck #doyanmasak
Fotomasak dari @dewi.yuliana23 __________________________________________ BEBEK GORENG KREMES by @dewi.yuliana23 . Bagi penggemar bebek goreng ini enak bngt lho 😋 apalagi pakai kremesannya yg renyah dan ga keras sama skali, cocok dimakan dng nasi hangat lalapan dan sambel 👌 . BAHAN : 1 ekor bebek potong 4 bagian, bersihkan dr lemak dan bulu yg msh menempel, cuci bersih beri perasaan air jeruk nipis dan garam diamkan sebentar lalu bilas skali lagi Air secukupnya Garam, kaldu jamur, merica bubuk, sdkit gula merah dan 1 sdm air asam jawa BUMBU UNGKEP : (haluskan) 5 butir bawang merah 7 siung bawang putih 3 butir kemiri sangrai 1 sdt ketumbar sangrai Sdkit kunyit dan jahe . REMPAH : 4 lembar daun salam 4 lembar daun jeruk sobek2 1 batang sereh memarkan 2 cm lengkuas memarkan ADONAN KREMES : 80 gram tepung sagu 1 sdm tepung beras 1 kuning telur 250 ml air sisa ungkepan bebek yg sdh disaring (apabila kurang bisa ditambah air biasa) 1/2 sdt baking powder . CARA MEMBUAT : 1. Rebus bebek dng bumbu halus, rempah dan sisa bumbu lainya dng api sedang cenderung kecil sampai bebek empuk dan bumbu meresap, angkat bebek (sisakan air rebusannya) 2. Campur dan aduk dng whisk bahan adonan kremes 3. Panaskan minyak bnyak, celupkan bebek kedalam adonan kremes lalu goreng (spya kulit luarnya garing) sampai kecoklatan, tiriskan 4. Ambil adonan kremes dng tangan, kucurkan diatas minyak panas dng jari -+ 20 cm diatas wajan sambil diputar, goreng sekitar 5 gengaman tangan skali menggoreng 5. Biarkan adonan kokoh dl baru bisa dibalik, goreng dng api sedang sampai agak kecoklatan, angkat tiriskan 6. Sajikan bebek goreng dng taburan kremesan diatasnya . #bebekgoreng  #bebekgorengkremes  #resepbebekgoreng  #bebekkremes  #kremesan  #bebek  #doyancooking  #doyanmasak  #homecooking  #berbagiresep  #shareresep  #foodphotos  #fotomasak  #fotomakanan  #hobimasakid  #foodpic  #instafood  #indonesianfood  #resepindonesia  #resepkremesan  #marimasak  #yummyfood  #delicious  #friedduck  #doyanmasak 
Fotomasak dari @resepsimple_mel ___________________________________________
Assalamualaikum siang 
Ikutan bikin sambal bawang yg lagi nge hits seantero fb 😀
Baper juga selama ini lihat tampilan sambal ini wara-wiri di timeline saya. Akhirnya bikin deh untuk menu makan siang Ini. 
Ada banyak versi ya sambal bawang ini, ada yg dicampur Teri, telur orak arik, pindang, maupun Pete. 
Nah, saya bikin yg pake tempe dan teri nasi. Tapi sayur tetep sih gak ketinggalan, meski cuma bening bayam. 
Alhamdulillah syedapnyaa.. Mesti siapin nasi sebakul kalo bikin sambal bawang ini 👌

____________
SAMBAL BAWANG TEMPE TERI
Bahan :
200 gr bawang, potong2 jangan terlalu tipis
100 gr tempe, iris tipis lalu goreng kering 
50 gr teri nasi, goreng 
15 bh cabe rawit merah /hijau
2 cm terasi 
Garam secukupnya 
Gula jawa secukupnya 
Kaldu bubuk secukupnya 
Caranya :
1.  Tumis bawang dan terasi hingga bawang layu, masukkan cabe. Aduk sebentar. 
2. Masukkan tempe dan teri. 
3. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. 
4. Sajikan dg Nasi hangat. 
#resepsimple_mel #doyanmasak
#yukbelajarmasak #berbagiresep #bakingcooking #ykmk2014 #ykmk2014_recipes #fotomasak #doyancooking #doyanmakan #hobimasak_id #resepmommies #resepmasakan #resepmasakanindonesia
Fotomasak dari @resepsimple_mel ___________________________________________ Assalamualaikum siang Ikutan bikin sambal bawang yg lagi nge hits seantero fb 😀 Baper juga selama ini lihat tampilan sambal ini wara-wiri di timeline saya. Akhirnya bikin deh untuk menu makan siang Ini. Ada banyak versi ya sambal bawang ini, ada yg dicampur Teri, telur orak arik, pindang, maupun Pete. Nah, saya bikin yg pake tempe dan teri nasi. Tapi sayur tetep sih gak ketinggalan, meski cuma bening bayam. Alhamdulillah syedapnyaa.. Mesti siapin nasi sebakul kalo bikin sambal bawang ini 👌 ____________ SAMBAL BAWANG TEMPE TERI Bahan : 200 gr bawang, potong2 jangan terlalu tipis 100 gr tempe, iris tipis lalu goreng kering 50 gr teri nasi, goreng 15 bh cabe rawit merah /hijau 2 cm terasi Garam secukupnya Gula jawa secukupnya Kaldu bubuk secukupnya Caranya : 1. Tumis bawang dan terasi hingga bawang layu, masukkan cabe. Aduk sebentar. 2. Masukkan tempe dan teri. 3. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. 4. Sajikan dg Nasi hangat. #resepsimple_mel  #doyanmasak  #yukbelajarmasak  #berbagiresep  #bakingcooking  #ykmk2014  #ykmk2014_recipes  #fotomasak  #doyancooking  #doyanmakan  #hobimasak_id  #resepmommies  #resepmasakan  #resepmasakanindonesia